menu melayang

Minggu, 11 April 2021

Mempelajari Apa Itu Busi dan Apa Keunggulan Busi Iridium ?

 

Apa itu busi ?

Komponen busi dapat ditemukan pada mesin pembakaran berbahan bakar gas, busi adalah komponen yang disekrup ke kepala silinder mesin. Busi memiliki listrik bertegangan tinggi yang dikirim ke salah satu ujungnya dan memicu percikan di ujung lainnya. Percikan api tersebut membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam mesin dan menciptakan pembakaran yang menggerakkan mobil Anda. Tanpa busi, mobil Anda tidak akan menyala.

Sebagian besar busi terbuat dari bahan apa?

Mayoritas busi memiliki elektroda tengah inti tembaga. Tembaga adalah konduktor listrik yang sangat baik - lebih baik daripada jenis bahan lain yang digunakan pada busi - dan juga mentransfer panas lebih cepat. Namun, tembaga bersifat lunak dan memiliki titik leleh yang rendah sehingga selalu dilapisi dengan paduan nikel untuk melindunginya. Bergantung pada jenis stekernya, elektroda dapat memiliki ujung platinum atau iridium untuk mengoptimalkan kinerja.

Apa kegunaan logam pada busi?

Produsen menggunakan logam mulia dan logam lainnya di bagian tengah dan samping elektroda busi. Logam menyalurkan tegangan tinggi dari kabel busi melalui busi sehingga dapat menyala ketika melewati celah kecil antara elektroda pusat dan elektroda samping. Ini adalah percikan vital yang memulai proses pembakaran.

Penggunaan logam seperti paduan nikel, platina dan iridium mengurangi keausan yang disebabkan oleh percikan api bertegangan tinggi. Logam ini juga membantu memperpanjang interval antara penggantian busi dan mengurangi tingkat gagal meletup.

Apa kelebihan dan kekurangan busi tembaga?

Busi tembaga adalah busi paling umum dan termurah yang tersedia. Meskipun hampir semua busi memiliki inti tembaga, banyak orang menyebut busi biasa sebagai busi “tembaga”. Busi standar biasanya dilengkapi bahan luar dari paduan nikel yang menyatu dengan elektroda inti tembaga.

Busi tembaga bekerja lebih dingin dan memberikan lebih banyak tenaga dalam performa performa berkendara. Mereka sering dipasang sebagai peralatan asli pada mesin turbocharged dan mesin dengan rasio kompresi yang lebih tinggi. Busi tembaga juga sering digunakan pada kendaraan yang lebih tua (sebelum 1980-an) dengan sistem pengapian berbasis distributor.

Bahan luar paduan nikel yang digunakan pada busi tembaga tidak sekeras logam lain sehingga lebih cepat aus dengan tekanan dan panas tinggi yang tercipta di dalam silinder mesin. Seiring waktu, keausan ini menyebabkan busi mengotori dan tidak bekerja seefisien saat masih baru. Karena umurnya yang pendek ini, kebanyakan busi tembaga perlu diganti setiap 20.000 mil.


Apa itu busi platinum?

Platina adalah logam yang jauh lebih keras daripada paduan nikel dan memiliki titik leleh yang lebih tinggi. Karena platina lebih keras, ia menahan ujung tajamnya lebih lama dari busi konvensional, hingga 100.000 mil. Umur panjang adalah keuntungan utama dari busi platinum.

Keuntungan lain dari busi platinum adalah bahwa busi tersebut bekerja sedikit lebih panas, yang membakar endapan dari busi dengan lebih baik dan membantu mencegah pengotoran. Platinum juga menangani panas tinggi, memungkinkan busi aus lebih baik.

Busi platina tersedia dalam dua jenis - platina tunggal dan ganda. Sebuah busi platina sangat mirip dengan busi tembaga dengan piringan platina yang dilas ke elektroda tengah; busi platina ganda memiliki piringan platina pada kedua bagian tengah dan samping elektroda.


Keunggulan busi iridium?

Iridium dikatakan enam kali lebih keras dan delapan kali lebih kuat dari platinum dengan titik leleh 700° lebih tinggi. Busi Iridium memiliki elektroda yang sangat halus dengan tetap mempertahankan karakteristik keausan yang sangat baik. Berkat kekuatannya, busi iridium dapat bertahan hingga 25% lebih lama dibandingkan busi platinum sejenis.

Busi Iridium memiliki fitur elektroda pusat kawat halus yang dirancang untuk mengalirkan energi listrik dengan lebih baik dan meningkatkan efisiensi pembakaran. Untuk masalah harga Busi Iridium biasanya paling mahal.

Bagaimana cara memilih bahan busi terbaik untuk kendaraan saya?

Untuk mengetahui busi yang direkomendasikan untuk kendaraan khusus Anda, periksa manual pemilik Anda. Jika buku manual pemilik Anda menyebutkan busi iridium, jangan menurunkan versi ke busi platinum atau busi tembaga; jika Anda menurunkan versi, Anda berisiko mengalami kinerja mesin yang buruk. Anda juga dapat berkonsultasi dengan mekanik Anda untuk mendapatkan panduan dalam memilih busi terbaik untuk mobil Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang busi berkualitas, temukan suku cadang mobil Anda, atau temukan tempat untuk membeli suku cadang mobil Anda hari ini.

DISCLAIMER :

Konten yang terkandung dalam artikel ini adalah untuk hiburan dan tujuan informasi saja dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti mencari nasihat profesional dari teknisi atau mekanik bersertifikat. Kami mendorong Anda untuk berkonsultasi dengan teknisi atau mekanik bersertifikat jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah khusus yang berkaitan dengan salah satu topik yang dibahas di sini. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh ketergantungan Anda pada konten apa pun.

source : championautoparts.com

Blog Post

=

Back to Top

Keterangan

Unit bisa saja sudah terjual, untuk unit ready kami tampilkan di halaman depan (Beranda)

MANUAL

Manual

AUTOMATIC

Matic

TOYOTA

Toyota

DAIHATSU

Daihatsu

SUZUKI

Suzuki

Search

Youtube

Testimoni


Facebook

Facebook