menu melayang

Minggu, 19 Desember 2021

Toyota Kijang Innova Masih Sulit Tersaingi, Ini Sebabnya !


Toyota Kijang Innova, seperti kita ketahui adalah mobil keluarga legendaris di Indonesia yang sudah eksis dengan nama Toyota Kijang sejak 1977. Kini, mobil Toyota Innova 2021 di Bali dijual dengan harga mulai dari Rp. 350 hingga Rp. 500 jutaan per Desember. Ini merupakan harga mobil Innova terbaru. Di sektor dapur pacu, Kijang Innova terbaru tersedia dalam dua tipe mesin ; bensin dan diesel.

Kiprahnya di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) sudah tidak perlu diragukan lagi mengingat penjualannya yang stabil.

Hal tersebut dibuktikan dari perjalanan Innova yang sudah menginjak generasi keenam. Total di atas kertas hingga Maret 2020 penjualan Toyota New Innova dari generasi pertama telah mencapai 1.926.462 unit. Meski demikian, Toyota dealer pantang menyerah untuk mencapai angka penjualan yang lebih tinggi.

Raihan positif New Kijang Innova terbaru tak lepas dari kelebihannya. Di tengah gempuran kompetitor baru semisal Wuling Cortez, Toyota Innova terbaru tetap menjadi pilihan utama pada umumnya.

Kendati demikian, Toyota Kijang Innova 2020 tak luput dari kekurangan. Sebut saja di antaranya bodi terlalu besar, masih terlalu boros bahan bakar untuk ukuran mobil keluarga, suara mesin tergolong bising, dan harganya yang relatif tinggi.


Biar lebih jelasnya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan Toyota Kijang Innova 2020.

Kelebihan Toyota Kijang Innova

1. Model teruji lintas generasi

Kelebihan Toyota Kijang Innova pertama adalah modelnya sendiri yang sudah teruji lintas generasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mobil ini telah hadir ke tengah keluarga Indonesia sejak 1977.

Artinya, dengan penjualan yang relatif stabil, Kijang Innova tetap dipercaya kualitasnya dan memiliki loyalisnya sendiri. Ya, meskipun telah berganti nama dan naik kelas.

Pengembangan model dilakukan oleh Toyota hingga membawa Innova terbaru ke kasta lebih tinggi. Bahkan di samping Toyota Innova Reborn, Venturer sebagai varian tertingginya alias flagship yang telah memiliki nomenklatur sendiri tetap menjadi pilihan utama sebagai mobil keluarga.

2. Fitur terbaru dan lengkap

Kelebihan berikutnya adalah fitur Toyota Kijang Innova terbaru sarat akan sebuah pembaruan. Fitur yang disematkan ke dalam mobil keluarga ini bisa dibilang lengkap di kelasnya.

Mulai dari fitur keselamatan, New Kijang Innova terbaru telah dibekali Dual SRS airbags, Curtain Shield Airbags, Side Airbags, dan Knee Airbag. Hadir juga fitur side impact beam, collapsible steering column, seat belt pretensioner dan force limiter.

Belum usai sampai di situ, ada juga ABS & EBD, Hill Assist Control dan Vehicle Stability Controls sebagai fitur berkendara standar yang dipasang di Toyota New Innova.

Fitur hiburan terbaru juga sudah disematkan ke New Kijang Innova terbaru. Sebut saja yaitu LCD 8 inci, seat back table untuk penumpang di baris kedua, dan socket daya untuk charge gawai (gadget) di jok baris penumpang.

Demi menunjang kenyamanan penumpang anak-anak, disematkan fitur ISOFIX serta Smart Entry sebagai identitas mobil modern.

3. Kabin luas dan nyaman

Sebagai mobil keluarga, tentunya ekspektasi kenyamanan dalam kabin menjadi prioritas untuk semua penumpang. New Kijang Innova terbaru mampu mewujudkannya. Pasalnya, kabin dirasa tetap lega meski diisi 7-8 penumpang.

Tak hanya lega, aksen panel kayu memberikan kesan premium dan kenyamanan yang lebih baik. Hanya saja, aksen tersebut hanya hadir di varian tipe V.

Dengan fitur hiburan yang telah disebutkan sebelumnya, penumpang akan sangat dimanjakan. Jadi, kualitas New Kijang Innova bukan hanya sekedar gimmik brosur saja.

4. Sparepart dan perawatan mudah

Lahir dari sebuah merek otomotif terbesar, jaminan purna jual (after sales) Kijang Innova sangat terjamin di seluruh wilayah Indonesia. Toyota dealer ada di hampir seluruh wilayah Indonesia juga. Bukan hanya mudah menemukan bengkel resmi, perawatan New Kijang Innova juga disebut sebagai salah satu yang termudah dan termurah.


Kekurangan Toyota Kijang Innova

1. Bodi kelewat besar

Dengan dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.795 mm, New Kijang Innova terbaru dirasa terlalu bongsor. Ini tentu saja konsekuensi dari mobil keluarga yang berusaha membuat kabin lega dan nyaman untuk semua penumpang.

Bodi yang kelewat besar dianggap kurang nyaman untuk dikendarai sehari-hari melintasi lalu lintas kota besar. Bukan cuma bikin kurang lincah saat selap-selip di tengah kemacetan, mobil Toyota Inova juga diragukan kalau masuk ke wilayah pada permukiman.

2. Boros bahan bakar untuk mobil keluarga

Tidak seperti biasanya mobil Jepang, Toyota Kijang Innova terbaru kerap dikeluhkan efisiensi bahan bakarnya. Keluhan sering ditujukan kepada Innova versi mesin diesel. Kendati mesin baru bertipe 2GD lebih bertenaga dibandingkan pendahulunya, namun konsumsi bahan bakar Toyota Innova terbilang boros. Menurut beberapa testimoni media otomotif di Tanah Air, konsumsinya mencapai 8-10 km/liter.

Memang angka tersebut diimbangi juga dengan keluaran tenaga yang besar juga. Tapi sebagai mobil keluarga, poin penting selain kenyamanan adalah konsumsi bahan bakarnya, bukan performa kuat atau tidak.

3. Mesin diesel bising

Meskipun sudah dijejali mesin diesel baru, 2GD yang digadang punya respon lebih cepat dan kuat, tapi tetap saja menyimpan kekurangan vital. Lagi-lagi berhubungan dengan kenyamanan penumpang dan pengemudi dalam kabin. Pasalnya, mesin diesel Toyota Kijang Innova terbaru masih tergolong bising hingga masuk ke dalam kabin.

Kembali membahas performanya. Mesin diesel New Kijang Innova terbaru berkarakter common rail memang dinilai tidak mendapat masalah apapun saat minum solar bersubsidi. Namun, lama kelamaan konsekuensinya adalah performa akan semakin kurang responsif.

4. Harga tergolong tinggi

Toyota Kijang boleh tenang menguasai pasar MPV kelas mid-high selama puluhan tahun dengan harga yang dianggap 'reasonable'. Mungkin pesaing terdekatnya selama ini hanya Isuzu Panther yang kini dikabarkan akan setop produksi.

Namun, beberapa tahun ke belakang, saat kompetitor anyar datang Toyota dinilai harus tahan nafas. Wuling, merek otomotif asal China yang baru muncul pada 2017 silam langsung menghadirkan Cortez untuk head-to-head dengan Kijang Innova.

Bukan hanya perang performa dan fitur, tapi Wuling Cortez hadir dengan harga yang lebih berani. Cortez dibanderol mulai dari Rp217,8 juta untuk varian terendah hingga Rp239,5 juta di varian tertinggi.

Harga tersebut tentu berbeda jauh dengan Toyota Kijang Innova. Dengan 10 varian berbeda, harga mobil Innova terbaru dimulai dari Rp323,55 juta hingga Rp426,25 juta.

Kesimpulan

Toyota Kijang Innova masih tetap menjadi pilihan terbaik di segmen MPV mid-high. Mobil ini sangat direkomendasikan bagi keluarga yang mengutamakan kenyamanan dan mengidamkan fitur canggih.

Soal harga tinggi, sebenarnya harga Kijang Innova masih cukup layak mengingat kualitas yang sudah sangat terjamin. Tak hanya kemudahan sparepart, biaya perawatannya pun bukan jadi persoalan pelik. Dengan demikian, harga Innova reborn masih dapat diterima masyarakat.

Mesin diesel Toyota Innova memang tergolong boros, namun jika dibandingkan dengan kekuatannya bisa dibilang sangat layak. Toyota Kijang Innova terbaru mesin diesel bisa direkomendasikan untuk mobilitas di daerah maupun kota dengan kontur jalan onroad (aspal) dan semi offroad (tanah dan kerikil).


Jika anda sedang berburu Toyota Kijang Innova bekas, berikut kami memiliki dua unit stock pilihan terbaik :

1. Toyota Innova Reborn G 2.4 AT Diesel 2017, Rp. 320.000.000 NEGO !


Jenis :  Minibus

Merek : Toyota

Type : Innova Reborn G

Tahun : 2017

Cylinder : 2.393

Transmisi : Automatic

Bahan Bakar : Diesel

Warna : Ext. Putih  Int. Hitam

KM : 29.538

Plat : DK

Audio : Double Din

Pajak Bulan : 03-07-2022

Kondisi : Second / Luar Biasa Baik

Harga 320 Juta NEGO !!

Harga Kredit 305 Juta

DP 70 Juta

Angsuran 6.612.000

0818 0550 7700

Foto Lengkap : KLIK DISINI


2. Toyota Innova Reborn G 2.4 MT Diesel 2020, Rp. 315.000.000


Jenis :  Minibus

Merek : Toyota

Type : Innova Reborn G

Tahun : 2017

Cylinder : 2.393

Transmisi : Manual

Bahan Bakar : Diesel

Warna : Ext. Putih  Int. Hitam

KM : 10.256

Plat : DK

Audio : Double Din

Pajak Bulan : 05-03-2022

Kondisi : Second / Luar Biasa Baik

Harga Kredit 330 Juta

Harga Kredit 312 Juta

DP 48 Juta

Angsuran 7.390.000 

0818 0550 7700

Foto Lengkap : KLIK DISINI

UNIT KEMUNGKINAN SUDAH LAKU, CEK HALAMAN DEPAN/HOME/BERANDA UNTUK MENGECEK KETERSEDIAAN. ATAU TELPON LANGSUNG NOMOR DIATAS.

Sumber : www.autofun.co.id

Blog Post

=

Back to Top

MANUAL

Manual

AUTOMATIC

Matic

TOYOTA

Toyota

DAIHATSU

Daihatsu

HONDA

Honda

Search

Youtube

Testimoni

Instagram

Facebook

Facebook